loading...

Kenali Kerusakan Batery Laptop Anda

Bermula dari 6 bulan yang lalu ketika batery laptop saya mulai drop di system tray windows muncul icon battery tanda silang yang isi pesannya "consider replacing your battery". Saya melakukan beberapa cara dengan memainkan di safe mode hal itu berguna tapi hanya untuk beberapa saat dan kembali lagi... mungkin bagi sebagian orang cara tersebut berguna tapi dalam kondisi battery saya tidak merespon hal tersebut. Sempat terpikir untuk mengganti battery baru aja gak perlu cari-cari penyakitnya apa? Tapi Rasa penasaran membuat saya mencari tau kerusakan jenis apa yang membuat battery saya mengeluarkan pesan "consider replacing your battery".
Baik Setelah sekian lama saya mengutak atik saya menemukan 2 hal mengenai kerusakan pada battery laptop.
  1. Jika os windows mengeluarkan pesan "consider replacing your battery". secara harfiah kita akan mengatakan sudah "almarhum" nih battery. sebenarnya ini bukan pada battery nya tapi pada masalah komponen elektro didalam. saya menggunakan insting saya untuk membuka isi battery laptop yang didalamnya ada battery litium dan komponen berupa pcb. Saya datangin teman saya yang juga mengerti elektro. saya cek battery nya satu persatu menggunakan MULTIMETER hasilnya it's ok dan setelah di cek satu persatu di komponen listriknya ternyata arus listrik ketika kita mencolok kabel tidak masuk untuk mengisi battery karena salah satu komponen di pcb rusak. Penyebab kerusakan ini beragam tapi pada umumnya seringnya terlalu lama mencharge/cas baterai laptop dan seringnya kehabisan baterai kok bisa? iya, karena peringatan tersebut muncul setelah saya lupa melepas charger/cas baterai latop saya yang sudah penuh... salah satu kebiasaan buruk saya itu sering lupa melepas charger, ketika baterai sudah penuh. jadi tetap menancap sampai berjam2.. (saking asiknya dengan laptop bahkan saya tinggal tidur semalaman bahkan satu minggu nancap terus). Menurut beberapa orang melepas battery dan menggunakannya langsung ditancap kelistrik merupakan salah satu solusi tapi menurut saya itu bukan solusi.
  2. Jika battery di Charger dalam waktu 2 atau 3 jam pada system tray terlihat penuh tapi hanya beberapa menit saja tinggal 15% saya katakan dapat dipastikan salah satu atau bahkan beberapa battery lithium yang ada di dalamnya itu sudah "meninggal". Saya pernah mendapatkan kasus ini beberapa bulan yang lalu saya  coba untuk mengecek dan ada 2 battery yang sudah tidak layak pakai. akhirnya saya ganti dengan spesifikasi yang sama harga 1 battery lithium senilai 67rb :) murah bukan? untuk masalah ini, tidak bisa kita hndari karena battery juga memiliki masa waktu hidup.
Kesimpulannya :
sampai pada saat ini saya hanya menemukan 2 masalah kerusakan pada battery laptop, silahkan jika masalah kerusakan laptop anda ada pada nomor satu silahkan coba cari solusi dengan mengoogle-link keyword "cara mengatasi consider replacing your battery". jika masalah tidak terselesaikan silahkan mengganti dengan battery baru, tapi jika ingin sedikit bereksperiment silahkan deh di bongkar isi battery nya :) tapi saya tidak jamin yaaaaa!!!!! :)
jika kerusakan battery laptop anda ada pada nomor 2 ya sama aja sih ganti battery baru tapi kita tahu bahwa battery baru tidak murah untuk jenis seperti punya saya asus x401u saja di kota palangka raya di bandrol 850rb coi, tapi jika di beli online itu 350rb :) tapi jika diperbaikin sendiri sekitar 100-200rb bisa sedikit lebih hemat donk :)

silahkan Kenali Kerusakan Batery Laptop Anda jangan langsung mencatut bahwa battery musti diganti jangan tapi di coba dikenali dulu cari tau kenapa dan bagaimana cara perbaikannya? jika dirasa memang tidak bisa atau tidak mau ribet ya udah baru ganti battery. setidaknya supaya agan-agan tau mengapa dan kenapa bisa rusak :)

Sekian tips dan trick Kenali Kerusakan Batery Laptop Anda semoga bermanfaat :)
0 Komentar untuk "Kenali Kerusakan Batery Laptop Anda"

Cara Isi komentar
jika punya ID/blog berikan komentar anda melalui:
Id Blogger, Open ID (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM), Nama/URL.

BAGI yang tidak punya website/Datang dari search engine seperti Google, yahoo!!!, blog-indonesia dll.
Silahkan gunakan pilihan Anonymous tapi ini tidak disarankan bagi yang punya blog!!!!!

Komentar yang mengandung unsru SARA akan dihapus oleh ADMIN. Terima Kasih atas kunjungan anda!!!!

Back To Top